Gelombang, tentu bukan kata yang asing lagi ditelinga kita. Gelombang air, gelombang cahaya, gelombang tsunami, dan lain-lain.
Gelombang, bersumber dari getaran yang kemudian getaran itu merambat dan dalam perambatannya gelombang membawa energy.
Gelombang dapat dikategorikan berdasarkan beberapa hal.
1.       Berdasarkan arah rambat dan arah getarannya:
a.       Gelombang transversal, adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambatannya. (peragaan slinki)
Contoh lainnya adalah gelomban tali, air
b.      Gelomang longitudinal, adalah gelombang yang arah getarannya sejajar dengan arah rambatannya. (peragaan slinki)
Contoh lainnya adalah gelombang bunyi
2.       Berdasarkan amplitudonya:
a.       Gelombang berjalan, adalah gelombang yang amplitudnya bergerak ke arah tertentu. (peragaan slinki)
b.      Gelombang stasioner, adalah gelombang yang amplitudonya diam contohnya gelombang pada senar gitar (video buatan)
3.       Berdasarkan mediumnya:
a.       Gelombang mekanik, adalah gelombang yang memerlukan perantara/medium dalam perambaannya, contohnya gelombang tali, gelombang air, gelombang suara
b.      Gelombang elektromagnetik, adalah gelombang yang tidak memerlukan medium atau perantara dalam perambatannya. Contohnya gelombang cahaya, gelombang radar, televisi, radio.

Nah slinki ini (menunjukan slinki) dapat menghasilkan gelombang transversal atau longitudinal tergantung dari cara menggetarkannya. Jika dilihat dari amplitudonya gelombang yang dihasilkan oleh slinki adalah gelombang berjalan. Jika dilihat dari mediumnya maka gelombang yang dihasilkan oleh slinki ini adalah gelombang mekanik karena membutuhkan medium untuk merambatnya dan mediumnya adalah slinki itu sendiri.